Tingkatkan Status Akreditasi; STAIM Lumajang Selenggarakan Workshop Pendampingan Akreditasi

LUMAJANG- Dalam rangka mewujudkan Perguruan Tinggi Swasta yang berdaya saing dan berkualitas di kancah nasional, pimpinan Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang mengundang Tim Ahli KOPERTAIS Wilayah IV Surabaya yakni Bapak Dr. Ahmad Fauzi, M.Pd untuk melakukan Pendampingan Akreditasi Prodi dan Institusi yang diikuti oleh P3M, Kaprodi, Sekprodi dan Tim Akreditasi pada hari Sabtu, 01 Juni 2024 di Meeting Room STAI Miftahul Ulum. Hadir juga dalam workshop tersebut Para Wakil Ketua II Bapak Imam Zarkasi, M.M, Wakil Ketua III Bapak Dr. Zainuddin, M.Pd.I, juga Bapak Zainal, M.Pd selaku Ketua Pusat Penjamin Mutu.

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Bapak Sahrul Hidayatullah, M.H selaku moderator kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Farhanuddin Sholeh, M.Pd.I selaku Wakil Ketua I. “Kegiatan ini dilakukan mengingat bahwa akreditasi ialah syarat mutlak bagi program studi maupun institusi dengan harapan tim akreditasi dapat memahami dan mengimplementasikan dengan baik dalam mempersiapkan dokumen-dokumen borang akreditasi dengan target mendapatkan nilai Baik Sekali.” Jelas Farhan.

Pelaksanaan Workshop Pedampingan Akreditasi ini dilakukan guna mengkaji dengan matang dokumen borang Akreditasi Perguruan Tinggi 4.0 diantaranya Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) yang diperlukan untuk diunggah ke Portal SAPTO (Sitem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) sebagai bahan penilaian oleh Assesor dari BAN-PT maupun LAMPT-Kes.

Ruang lingkup pendampingan Akreditasi meliputi peningkatan pemahaman, pemantauan, audit, identifikasi dan penilaian borang akreditasi, simulasi pelaksanaan visitasi, dan evaluasi diri. Selain pendampingan yang dilakukan oleh Bapak Dr. Ahmad Fauzi, M.Pd, beliau juga memberikan motivasi agar para Dosen aktif dalam melakukan penelitian bersama mahasiswa guna aplikasi Tridharma Perguruan Tinggi juga wejangan yang menambah wawasan para Civitas Akademika di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum.

Penulis: Nabila N.A

Artikel Terkait

Artikel Terbaru