Tingkatkan Kompetensi Tridharma Perguruan Tinggi, STAI Miftahul Ulum Lumajang Gelar Diklat Metodologi Penelitian

Lumajang, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang pada tanggal 22 Juni 2024 menyelenggarakan Diklat Metodologi Penelitian di Hall Hotel Grand Aloha Lumajang. Kegiatan yang dimotori oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bapak Muhammad Nur Khatibul Umam, M.H dengan diikuti oleh 35 orang peserta yang terdiri dari Waka 1,2 dan 3 beserta para dosen. Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang Bapak Muhammad Hisan, S.Psi, M.Sos.

Pada diklat kali ini, narasumber ialah Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si yang merupakan pakar terkait metodologi penelitian dan aktif dalam pelatihan dan penulisan karya ilmiah mulai tahun 1985 silam. Tidak hanya itu, beliau juga pendiri laman web nusyamcenter.com (NSC) yang aktif dalam riset, opini, informasi, khazanah, pepeling dan fitur konten menarik lainnya.

Diklat Metodologi Penelitian terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama berupa pengarahan oleh narasumber juga recharging dan merefresh ulang pemahaman tentang jenis penelitian karya tulis ilmiah. Sesi selanjutnya ialah presentasi proposal penelitian atau kerangka penelitian milik Bapak dan Ibu Dosen dilanjutkan review dan sesi diskusi interaktif oleh narasumber dan peserta diklat.

Terselenggaranya diklat metodologi penelitian ini diharapkan oleh narasumber masih rutin berlangsung melalui platform zoom guna mentransfer pemahaman secara detail dan mendalam terkait metodologi penelitian yang utuh, holistic, sistemik serta mampu meningkatkan kompetensi para dosen dalam menguasai teori dan praktik keilmuwan serta menghasilkan novelty atas permasalahan yang dikaji sesuai bidang melalui penelitian yang diteliti secara ilmiah. (NNA)

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

Artikel Terkait

Artikel Terbaru