Rihlah Spiritual, Civitas Akademika STIS Miftahul Ulum Lumajang Tour Ziarah Makam Para Wali

LUMAJANG – Civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum (STISMU) Lumajang sukses melaksanakan agenda non akademik berupa Tour Ziarah Makam Para Wali, perjalanan spiritual mengunjungi Makam para Wali yang berada di tanah Jawa.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta rombongan yang terdiri dari struktural kepengurusan STIS Miftahul Ulum Lumajang, dipimpin dan dipandu langsung Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul-Jatiroto-Lumajang, KH. M. Husni Zuhri.

Disamping untuk menguatkan mental spiritual melalui barokah para Wali, kegiatan ini juga dalam rangka tasyakuran atas terbitnya SK Program Studi Baru beberapa bulan lalu, yaitu Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Perjalanan ziarah Makam para Wali ini dimulai sejak hari Jum’at tanggal 20 Mei 2022 dengan titik pemberangkatan dari halaman kampus STIS Miftahul Ulum Lumajang tepat pukul 21.00 WIB. Rute pertama langsung menuju Makam Sunan Ampel Surabaya pada pukul 00.30 WIB., Sabtu pagi tanggal 21 Mei 2022 melanjutkan perjalanan menuju Makam Syaikhona Kholil Bangkalan.

Setelah itu, rombongan langsung menuju Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri, Gresik. Lepas dari Kota Gresik, rute berikutnya menuju Makam Sunan Drajat di Kabupaten Lamongan. Kemudian perjalanan hari Sabtu diakhiri di Makam Sunan Bonang, Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Keesokan Harinya, Ahad (22/05/22/) menuju rute berikutnya yaitu Makam Sunan Muria yang terletak di Desa Colo Kec. Gawe, Kudus, Jawa Tengah. Kemudian lanjut ke Makam Sunan Kudus kemudian lanjut menuju Sunan Gunung Kalijaga, Demak dan perjalanan diakhiri keesokan harinya (Senin, 23/05/22) di Makam Raden Fatah, Demak.

Rangkaian kegiatan selama mengunjungi Makam Para Wali diisi dengan Khotmil Qur’an yang dipimpin langsung oleh Pengasuh. Semua rangkaian acara berjalan dengan lancar dan hikmat. “Dengan adanya kegiatan ini, besar harapan semoga ke depan STIS Miftahul Ulum Lumajang semakin berkembang dan maju, senantiasa menjadi kampus yang melahirkan sarjana-sarjana yang unggul, profesional dan kompetitif. Amiin,” harap Ketua STISMU Muhammad Hisan.

Penulis: Syahrul
Editor: Robith
Publiser: Robith

Artikel Terkait

YANG BERBEDA

Artikel Terbaru