Perempuan Harus Berpendidikan

“Buat apa sih perempuan sekolah tinggi-tinggi? Nanti ujung-ujungnya juga di Dapur ngurus anak dan suami ”

Pastinya kita pernah mendengarkan ucapan seperti itu. Lantas, Apakah perempuan tidak boleh pintar? Tidak berhak memperoleh pendidikan yang tinggi?. Menuntut ilmu adalah hak bagi semua orang tanpa memandang gender. Perempuan tidak hanya sekedar cantik dan feminim, tetapi juga harus pintar dan cerdas.

Inilah beberapa alasan yang tepat Mengapa perempuan harus berpendidikan tinggi. Ada suatu ungkapan bahwa “Seorang anak yang cerdas terlahir dari ibu yang cerdas juga” karena seorang perempuan akan menjadi ibu. Dan ibu adalah madrasah pertama bagi anaknya, menjadi guru pertama sejak Ia lahir. Seorang ibu harus memiliki ilmu & wawasan yang tinggi untuk mendidik dan mengajar anaknya, sehingga anak tersebut menjadi anak yang cerdas.

Saat ini ruang gerak perempuan sudah setara (Emansipasi), lebih bebas, terbuka lebar, bebas berkarya dan bebas meraih pendidikan. Dengan pendidikan perempuan akan menjadi lebih kuat, mandiri dan tangguh meski tidak luput dari kodratnya. Dan dengan pendidikan perempuan menjadi lebih bisa mengupayakan kehidupan yang baik bagi dirinya dan keluarganya serta perempuan juga lebih siap dan mampu dalam menghidapi tantangan hidup ke depannya.

Pahlawan RA Kartini menginginkan perempuan berpendidikan, agar lebih cakap dalam mendidik anak, lebih cakap mengurus rumah tangga, dan lebih cakap mengabdikan diri kepada masyarakat agar bangsanya menjadi lebih maju. Seperti kata motivasi “Hendaklah menjadi rahmat menjadi tempat orang banyak berlindung menjadi pohon yang rindang tempat orang banyak dapat berenang dari terik matahari”

Pendidikan sangatlah penting bagi seorang perempuan, bukan ingin terlihat hebat dan menyaingi laki- laki, akan tetapi berpendidikan tinggi adalah investasi jangka panjang untuk anak-anak yang berhak lahir dari seorang ibuk yang terdidik. Bukan tentang gelarnya akan tetapi positif value yang akan didapat.

Maka dari itu marilah kita hilangkan persepsi orang tentang “Ngga usah sekolah tinggi- tinggi ujung-ujungnya di Dapur “ Wanita berhak berpendidikan, berhak mengejar impian dan berhak untuk berkembang. Ingat ! zaman semakin maju, masak mindset kita gak maju-maju.

Hidayatul Hasanah
Mahasiswi Semester 4 Prodi PGMI

Artikel Terkait

Artikel Terbaru