Workshop Kaligrafi Internasional dan Penandatanganan MoU PBA STAI Miftahul Ulum Lumajang dengan Dar El Khatt Jember

LUMAJANG- Sabtu, 29 Juni 2024 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAI Miftahul Ulum Lumajang menggelar Workshop Kaligrafi Internasional sebagai bentuk pelaksanakan kerjasama dengan Dar El Khatt Jember dalam meningkatkan dan mengembangkan program Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang kaligrafi. Selain itu, kegiatan ini merupakan tindak lanjut mata kuliah Khot ‘Arobiy juga upaya untuk mendukung dan wadah bagi mahasiswa yang tertarik dalam seni kaligrafi. Workshop dengan Tema “Tahsin Kitabah Arabiyah dengan Metode Hamidi Teori dan Aplikasi” diwajibkan khusus bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan diperbolehkan juga bagi yang minat atau yang mau mengikuti workshop tersebut.

Acara tersebut diselenggarakan dalam 2 forum yang berbeda dalam satu waktu di Meeting Room khusus mahasiswa dan Aula Putri khusus mahasiswi. Acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci al-qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Yalal wathon dan hymne STAI Miftahul Ulum Lumajang serta sambutan oleh Kaprodi PBA Bapak Ahmad Hafidz Abdullah, M.Pd di Meeting Room dan dibuka secara resmi oleh WaKa I STAI Miftahul Ulum Lumajang Bapak Farhanuddin, M.Pd.I. Sedangkan di Aula Putri sambutan diwakili oleh Ibu Utari Dwi Mayasari, S.Hum, M.Pd selaku dosen PBA STAI Miftahul Ulum dan dibuka secara resmi oleh WaKa III Bapak Dr. H. Zainuddin, M.Pd.I serta ditutup dengan Do’a.

Workshop Kaligrafi Internasional ini menjadi peluang besar bagi Mahasiswi STAI khusunya Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) untuk mengasah bakat mereka dalam seni yang mereka kuasai. Sambutan yang dibawakan oleh Waka I dan III yang mewakili Ketua STAI Miftahul Ulum, yakni Mochammad Hisan, S.Psi., M.Sos, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para Narasumber Worksop Kaligrafi internasional, yaitu  Ustadz Ahmad Yasir Amrullah, S.Ag, M.Pd dan Ustadzah Salis Raudatul Afkarina, S.Pd. Menurut Narasumber, pelatihan Kaligrafi Internasional membutuhkan waktu yang panjang dan berkesinambungan untuk benar-benar mengerti isi dan konsep daripada Kaligrafi itu sendiri agar bisa terus di kembangkan dari masa ke masa. “Sebenarnya pelatihan Kaligrafi itu tidak cukup hanya dengan waktu satu hari, minimal satu minggu” ujar narasumber.

Workshop Kaligrafi Internasional dilaksanakan dengan sangat khidmat. Dengan mengundang pemateri yang ahli dalam bidang kaligrafi dan menjuarai hingga Tingkat Nasional dan Internasional membuat pelatihan lebih maksimal. Pelatihan Kaligrafi Internasional kali ini  menggunakan Metode Hamidi yakni pengembangan dari metode klasik yang sudah lama dipakai dalam belajar khot di Turki maupun di negara-negara lain dan mempelajarinya dengan cara memperbanyak latihan dan praktik. Artinya Mahasiswa atau orang yang minat dalam seni Kaligrafi harus memperbanyak praktik dari pada teori, karena mempelajari teori saja itu tidak cukup. Akan lebih maksimal jika Pelatihan dilakukan dengan praktik.

Dar El Khatt Jember merupakan komunitas yang menggeluti bidang kaligrafi dan telah menghasilkan output generasi kaligrafer yang dirintis oleh Ustadz Yasir Amrullah, S.Ag, M.Pd selaku murid yang bersambung sanad dengan Syekh Belaid Hamidi. Ustadzah Salis yang menjadi narasumber juga merupakan murid dari Ustadz Yasir Amrullah menyampaikan bahwa belajar membuat Kaligrafi harus dimulai dari niat dan semangat untuk menjadi motivasi dan pendorong untuk diri sendiri bagi pelajar pembuat Kaligrafi  agar sampai pada tujuan, harus memiliki guru agar mengetahui di mana letak kesalahan karya yang sudah dibuat guna untuk merevisi dan mengevaluasi. “Selain niat, menggeluti seni Kaligrafi harus memiliki guru untuk belajar.” Ujar Ustadzah Salis.

Selain memberikan manfaat dalam konteks keilmuan atau pengetahuan, Kaligrafi Internasional ini juga memberikan manfaat untuk bisa menjaga Alqur’an sebagai kitab Allah yang suci, bonus mengikuti lomba pembuatan Kaligrafi baik Nasional atau Internasional dan akan membuka pintu pahala juga di dunia dan akhirat jika bisa mengamalkannya. Sehingga Pelatihan Kaligrafi ini sangat bermanfaat bagi Mahasiswa/i STAI, khususnya mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ,tidak terkecuali juga bagi Mahasiswa/i kampus lain.

Pembelajaran Kaligrafi dengan tema Tahsin Kitabah tersebut dimulai dari menulis huruf hijaiyah dari satu huruf hingga menyambung pada huruf yang lainnya. Progress akhir dari workshop ini dengan menulis surat Al-Fatihah meskipun dalam praktiknya sebagian peserta masih mengalami sedikit kesulitan. Akan tetapi, dengan Narasumber yang sabar dan standbay mengecek satu-persatu karya mereka untuk memberikan pengarahan dan bimbingan. Seluruh peserta yang berjumlah 25 Mahasiswa dan 30 mahasiswi ini mengikuti teknik pelatihan kaligrafi hingga selesai dan melanjutkan dengan banyak berlatih sesuai dengan buku panduan yang diberikan kemudian dikoreksikan secara berkala.

Reporter: Isrofi’ul Anisa_ Mahasiswi Prodi HKI smt 6

Editor & Publisher: Nabila N.A

 

Artikel Terkait

Artikel Terbaru