Tiga Dosen STAIM Lumajang Lulus PKDP

MALANG – Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) dirancang dapat membentuk kualitas dosen agar mumpuni dalam melakukan tugas utamanya, yakni mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Program PKDP diharapkan dapat membentuk kualitas dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) agar mempunyai kecakapan mengajar dan kualifikasi akademik yang baik. Membimbing dosen pemula agar dapat beradaptasi budaya kerja dan mampu melaksanakan pekerjaannya sebagai dosen profesional di PTKI.

Bertempat di Harris Hotel And Convention Malang, pelatihan secara pararel diselenggarakan. Pelatihan dimulai pada hari Senin-Sabtu, (14-19/8).

Pada tahun ini, STAIM mengajukan lima dosen. Dan patut disyukuri 3 diantaranya diterima untuk mengikuti serangkaian PKDP yang dikomando langsung oleh UIN Maulana Malik Ibrahim sebagai penyelenggara. Kuota tahun ini 2500 dosen baik PTKIN atau PTKI.

Adapun dosen yang dinyatakan sebagai peserta PKDP tahun 2023 antara lain, Erlin Indaya Ningsih, M.Pd.I, Hafid, M.Pd.I, Hoirul Ulum, M.Pd.I. Sebagai salah satu dosen STAIM yang lulus PKDP menyampaikan bahwa perlu komitmen yang kuat untuk meneguhkan nilai-nilai kebangsaan dalam beragama yang bisa memberikan dampak positif bagi STAIM.

“Harapan keikutsertaan dalam forum ini mampu meningkatkan pemahaman dan komitmen dosen pada nilai-nilai kebangsaan dan moderasi beragama,” Ungkap Erlin Indayana, Kaprodi PGMI.

“Meningkatkan kapasitas profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas Tridharma Perguruan Tinggi, dan meningkatkan wawasan dosen akan dunia global serta kemampuan beradaptasi dengan iklim dan nilai budaya kerja pada perguruan tinggi,” Tandas dosen STAIM termuda yang mengikuti sertifikasi dosen.

Mengutip dari Ruchman Basori, M.Ag. selaku Kepala Subdirektorat Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyatakan bahwa pentingnya dosen berkompetensi untuk mencetak generasi berprestasi.

“Sebagai dosen seyogyanya mempunyai kompetensi pendidik agar menghasilkan mahasiswa yang berprestasi,”Ungkapnya

Hoirul Ulum. saat kami temui di ruang akademik, pihaknya bersyukur karena tiga Dosen STAIM berhasil lulus. “Alhamdulillah STAIM meluluskan tiga nama,” Ujar kepala Perpustakaan STAIM ini.

“Tugas utama sebagai tenaga pendidik profesional di perguruan tinggi sudah termaktub dalam Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan atau pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Semoga mampu melaksanakannya dengan baik,” Ucap Hoirul.
Penulis: Fahmi
Editor: Robith

Artikel Terkait

YANG BERBEDA

Artikel Terbaru