Persma STAIM Gelar Pelatihan Jurnalistik

LUMAJANG – Pers Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) menggelar pelatihan jurnalistik dengan mengangkat tema ‘Jihad Literasi Menuju Era 5.0’.

Pelatihan digelar di Perpustakaan Terpadu, Selasa 9 Juli 2024. Narasumbernya Babun Wahyudi, alumni Ponpes Miftahul Ulum, saat ini jadi Pimpinan Redaksi Lumajangsatu.com.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua Persma STAIM Akmal Khoirus Sholeh, dilanjutkan sambutan Waka III Dr. Zainudin, Ia berpesan agar sebagai mahasiswa yang berbasis pesantren jangan sampai kalah saing dengan mahasiswa luar pesantren.
“Meskipun kehidupan di pondok terbatas media. Karena era sekarang media sosial sangatlah berpengaruh di kehidupan masyarakat, jadi sebagai pendidik harus betul-betul berjihad mulai dari pemikiran, sosial & jangan lupa untuk berproses,” ujar Dr. Zainudin.

Acara kemudian dilanjutkan ke pelatihan, Babun Wahyudi saat memberikan prolog mengatakan bahwa menulis itu sangat menyenangkan dan juga harus semangat dalam mensyiarkan sebuah tulisan.

“Menulis memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan baik secara tertulis, baik itu dalam bentuk pembelajaran, profesional, atau sosial. Karena untuk mempengaruhi, mendidik, memberitahu, menyakinkan, atau menghibur. Dan masih banyak kegunaan lainnya dari menulis,” katanya.

Menulis, lanjut Wahyudi, juga bisa jadi solusi untuk memecahkan permasalahan dengan meluapkan emosi ataupun suara hati si penulis. Mulai dari menjelaskan, menjernihkan, menjelajahi, serta meneliti secara cermat pikiran-pikiran dan gagasan itu sendiri agar dapat dimengerti dan diterima dengan baik oleh si pembaca.

Setelah narasumber menjelaskan panjang lebar, acara kemudian dilanjutkan dengan praktek menyusun berita straight news, feature dan penulisan opini. (Farhan).

Artikel Terkait

Artikel Terbaru