Pendidikan Hak Asasi Manusia (HAM) telah diakui sebagai salah satu instrumen penting dalam memperkuat demokrasi dan melindungi nilai-nilai demokratis di seluruh dunia. Dalam era di mana tantangan terhadap demokrasi semakin merajalela, pendidikan HAM menjadi semakin relevan sebagai cara untuk memperkuat kesadaran masyarakat akan hak-hak dasar, nilai-nilai demokratis, dan pentingnya partisipasi politik yang inklusif.
Kurikulum pendidikan HAM menjadi pondasi utama dalam penyampaian materi, nilai-nilai, dan konsep-konsep HAM kepada generasi muda dan masyarakat umum. Dalam konteks ini, evaluasi terhadap kurikulum pendidikan HAM menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Evaluasi ini bertujuan untuk menilai efektivitas kurikulum dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan HAM, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam penyampaian materi, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut. Melalui pendekatan evaluatif ini, kita dapat memahami sejauh mana pendidikan HAM telah berhasil sebagai upaya mempertahankan demokrasi.
Merupakan hal penting yang harus dilakukan ialah Pertama memahami bahwa pendidikan HAM tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan tentang dokumen-dokumen hukum Internasional seperti, Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, tetapi juga dengan penerapan nilai-nilai HAM dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, evaluasi terhadap kurikulum pendidikan HAM harus mencakup berbagai aspek, antara lain: struktur kurikulum, metode pengajaran, materi pelajaran, dan dampaknya terhadap pemahaman dan praktik demokrasi. Kedua, pendidikan HAM berperan penting dalam membentuk sikap dan perilaku individu terhadap isu-isu HAM, termasuk toleransi, keadilan, persamaan, dan penghargaan terhadap kebebasan individu.
Oleh sebab itu, dengan memperkuat kesadaran akan hak-hak dasar dan kewajiban moral terhadap sesama manusia, pendidikan HAM membantu membangun pondasi yang kuat bagi demokrasi yang inklusif dan berkelanjutan. Namun, meskipun pentingnya pendidikan HAM dalam mempertahankan demokrasi diakui secara luas, kurikulum pendidikan HAM tidak selalu mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan. Terdapat tantangan dan kendala yang perlu diatasi, termasuk kurangnya sumber daya, keterbatasan waktu pembelajaran, pendekatan pengajaran yang kurang interaktif, dan kebutuhan akan integrasi kurikulum HAM ke dalam kurikulum pendidikan formal yang lebih luas.
Maka, evaluasi kurikulum pendidikan HAM menjadi penting untuk memahami sejauh mana kebutuhan ini telah dipenuhi, dimana perbaikan yang dapat dilakukan, dan bagaimana pendidikan HAM dapat lebih efektif dalam memainkan perannya sebagai pemelihara demokrasi. Dalam konteks ini, pendekatan evaluatif yang komprehensif diperlukan untuk mengidentifikasi keberhasilan, kegagalan, dan peluang untuk meningkatkan pendidikan HAM di semua tingkatan pendidikan.
Author: Irma Nur Hayati
Editor: Nabila N.A