P3M Monitoring Peserta KKN STAIM

LUMAJANG – Pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023 Kepala P3M, M. Nur Khotibul Umam, M.H. bersama timnya melakukan monitoring dan bimbingan pada peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kegiatan ini dijadwalkan selama lima hari secara continue, yaitu mulai dari tanggal 14-19 Oktober 2023. Di STAIM, ada program Mahasiswa Berkhidmad yang mana merupakan aplikasi dari kampus merdeka bagi mahasiswa.

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini berbasis pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaannya diawali dengan kerjasama (MoU) antara STAI Miftahul Ulum Lumajang dengan Lembaga Mitra Pesantren.
Ketua P3M, Khotibul Umam berharap, Program Mahasiswa Berkhidmat diharapkan dapat mengasah soft skill kemitraan,
kerjasama tim lintas disiplin/ keilmuan (Lintas kompetensi) dan leadership mahasiswa di lembaga mitra.

Bentuk kegiatan Mahasiswa Berkhidmat mencakup, antara lain, mengabdi sebagai tenaga unit kerja pesantren, mengabdi sebagai wali asuh santri, dan mengabdi sebagai pembina santri bidang pendidikan, kesehatan dan keagamaan.

Sebagai lembaga perguruan tinggi di bawah Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih
Kidul, STAI Miftahul Ulum Lumajang meluncurkan Program Mahasiswa Berkhidmat ini sebagai upaya dalam memberikan rekognisi kepada para mahasiswa santri yang berkhidmat di Pesantren Mitra dalam bentuk
konversi mata kuliah serta program KKN.

“Hari ini terdapat tiga lokasi yang dikunjungi dalam kegiatan ini, antara lain; PP. Raudlatul Mutaallimin, Dusun Karanganom Desa Gelang, Sumberbaru Jember, Madrasah Diniyah Ainul Yaqin, Dusun Tampengan, Desa Gelang, Sumberbaru Jember, dan Madrasah Diniyah Miftahul Ulum, Dusun Lanasan, Desa Gelang, Sumberbaru Jember,” beber Khotibul Umam.

Turut ikut serta dalam kegiatan ini Ketua STAI Miftahul Ulum Lumajang, Mochammad Hesan, S.Psi., M.Sos. sembari membangun relasi dan silaturahim kelembagaan dengan pesantren mitra, khususnya yang berada di daerah pinggiran.

Penulis: Syahrul
Editor: Fahmi

Artikel Terkait

YANG BERBEDA

Artikel Terbaru