Menyelami Samudera Kebahagiaan Hakiki

Khoirukum man ta’allamal qur’ana wa ‘allamahu begitulah sabda Rasulullah SAW dalam memberikan motivasi ummat Islam untuk senantiasa menyibukkan hari-harinya bersama dengan Al Qur’an. Begitupula dengan pendapat Syaikhul Islam Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syarof anNawawi dalam kitabnya Riyadhus Sholihin yang mana beliau membuat bab khusus tentang keutamaan membaca Al qur’an, diantaranya : 1) Al quran akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat bagi para pembaca nya, 2) Orang yang mempelajari dan mengajari al-quran ialah sebaik-baik nya manusia, 3) Orang yang mahir membaca al-qur’an kelak akan bersama dengan malaikat Allah, 4) Bagi yang belum lancar dalam membaca al-Quran tidak boleh bersedih sebab allah akan memberi 2 pahala, 5) Al-Quran akan meningkatkan derajat kita disisi allah.

Kaitanya dengan hal ini, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Lumajang memiliki Prodi jurusan kebahagiaan abadi yakni Ilmu Al Qur’an Tafsir (IAT). Prodi IAT merupakan salah satu prodi baru dari 5 prodi yang mana kelima prodi tersebut saling berlomba dan bersinergi dalam menggali daya bakat prestasi & potensi yang terpendam disetiap mahasiswa, dengan demikian kampus membentuk sebuah organisasi internal yang disebut HimaProdi (Himpunan Mahasiswa Program Studi) guna untuk membantu mensukseskan profil capaian lulusan mahasiswa disetiap prodinya.

Begitupula dengan Hima Prodi IAT yang telah menyusun program berbobot, salah satunya yang paling menonjol ialah pertama program menghafal Tafsir Ahkam karya Syekh Imam Ali As Shobuni yang diselenggarakan seminggu sekali setiap malam kamis dan berlaku wajib bagi setiap mahasiswa IAT yang bertempatkan di gedung aula putri. Kegiatan ini juga dikatakan sebagai kegiatan wajib ke dua dari menghafal & murajaah Al Qur’an, hasil dari kegiatan target hafalan tafsir Ahkam ini bertujuan untuk menyempurnakan hafalan quran dengan memahami tafsir didalamnya yakni mampu mengimplemetasikan pada kehidupan sehari hari.

Kedua merupakan program Flay with the best redflag (terbang bersama bahaya terbaik). Kegiatan ini merupakan kegiatan favorite karna suasana yang menegangkan dengan adanya topik pembahasan yang menarik untuk dikaji yang diselenggarakan setiap malam jumat, awal mulanya ini terbentuk dari musyawarah seperti pada umumnya dan berkembang menjadi sebuah inspirasi dan lahirnya argumen baru dengan adanya perbedaan pemikiran dapat memecahkan sebuah persoalan dan membawa terbang meraih impian bersama. Kegiatan ini bertujuan mengajak dan membiasakan mahasiswa untuk berpikir kritis dan aktif dimanapun dan kapan pun berada.

Begitulah kiranya saat masuk di prodi IAT ini bagaikan menyelami samudera kebahagiaan yang sejati, karena yang dipelajari dan digali ialah Al-Qur’an yang semakin dipelajari semakin menjadikan kebahagiaan di hati kami. Semoga dengan masuk di jurusan akhirat ini, menjadikan kami manusia yang mulia seperti doa dari Rasulullah SAW pada Ibnu Abbas R.A “Allahumma Faqqihhu Fiddin wa ‘allimhuttakwil (Ya Allah, berilah kefahaman kepadanya dalam urusan agama dan ajarkanlah Takwil (Tafsir Al-Qur’an). Kedepannya In syaa Allah Bi Idznillah, kampus kami akan melahirkan generasi mufassir yang hamilatul Qur’an lafdzan ma’nan wa ‘amalan dan yang ‘alim ‘allamah.. Aamiin ya Mujibussa’ilin.

Penulis: Amalia Farrah – Mahasiswi Prodi IAT semester 4

Editor: Nabila N.A

Artikel Terkait

Artikel Terbaru