Ketua Prodi IAT STAIM Ikut Serta di Acara The 6th Annual Meeting AIAT se-Indonesia

YOGYAKARTA – Ketua Prodi IAT Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAIM) turut serta dalam acara The 6th Annual Meeting AIAT se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Asosiasi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (AIAT) se-Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 20-22 Juni 2023 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rangkaian acaranya, selain rapat tahunan, juga ada seminar dengan tema ‘Internasional Conference on Scripture for Peace and Humanity’ yang menghadirkan beberapa pembicara dari dalam dan luar negeri, seperti Malaysia, Belanda dan Amerika.

Kehadiran para pembicara ini diharapkan memperkaya wawasan peserta panelis maupun pertisipan dalam bidang Ilmu Al-Quran dan tafsir, bagaimana sekiranya para akademisi IAT mampu mengkotekstualisasikan teks kitab dalam menyikapi isu-isu kekinian, terutama isu kemanusiaan secara global.

“Konferensi kali ini menjadi forum tantangan bagi akademisi untuk berkontribusi dalam masalah-masalah dunia. Bagaimana kita mengontekstualisasikan teks kitab suci. Kita tidak boleh hanya stuck pada aspek linguistik saja. Tetapi kita harus mencari apa yang ada di balik teks.”  terang Prof. Phil. Sahiron yang merupakan Ketua AIAT se-Indonesia.

Selain itu, lanjut Prof. Sahiron, yang merupakan agenda inti acara ini yaitu The 6th Annual Meeting AIAT se-Indonesia, panitia membagi agenda ini ke dalam dua sesi yaitu rapat komisi dan pleno. Dalam rapat komisi panitia membagi kedalam 5 bidang, diantaranya:
1. Bidang riset dan pengembangan keilmuan
2. Bidang publikasi dan penerbitan
3. Bidang pengembangan sumberdaya dan pengabdian masyarakat
4. Bidang kerjasama dan pembangan kelembagaan
5. Bidang media dan database

Dalam rapat komisi tersebut, kata Prof. Sahiron, masing-masing bidang menghasilkan beberapa program strategis yang kemudian disepakati oleh semua peserta forum pada rapat pleno. Tentunya semua program yang disusun tersebut berorientasi pada penguatan kelembagaan, SDM dan pengetahuan di bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir sebagai sarana dakwah serta pengabdian kepada masyarakat yang dimplemtasikan melalui kerjasama dan kolaborasi antar prodi IAT se-Indonesia.  

Ketua Prodi IAT STAIM Sahrul Hidayatullah berharap, dari kegiatan ini IAT STAI Miftahul Ulum Lumajang ke depan mampu membangun relasi dan kerjasama kelembagaan dalam memperluas pengetahuan, ubdate perkembangan terkini, dan menjalin kolaborasi dengan para akademisi dan peneliti di bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

“Sehingga IAT STAI Miftahul Ulum Lumajang dapat melahirkan para sarjana tafsir yang handal dan mampu menjawab tantangan yang berkaitan dengan isu-isu keagamaan, sosial dan kemanusiaan di level regional, nasional maupun global,” katanya.

“Kegiatan ini sangat penting untuk terus diikuti, karena selain membangun relasi antar kampus, kita juga dapat berkolaborasi dalam penguatan kelembagaan, pengembangan pengetahuan dan Publikasi di bidang Tafsir.” Pungkas Sahrul Hidayatullah, Ketua Prodi IAT STAI Miftahul Ulum Lumajang.

Penulis: Sahrul
Editor: Robith Fahmi

Artikel Terkait

YANG BERBEDA

Artikel Terbaru