Kemenag Lumajang Teken MoU dengan RMB STIS Miftahul Ulum

LUMAJANG – Rumah Moderasi Beragama (RMB) STIS Miftahul Ulum melakukan MoU dengan Kementerian Agama Lumajang. Kerjasama dalam rangka merealisasikan program Kementerian Agama RI guna menanamkan nilai-nilai islam moderat. Sehingga, diharapkan dapat menangkal paham radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

Demikian disampaikan Kepala Kemenag Lumajang Muhammad Muslim S.Ag., M.Sy dalam sambutannya. Kata dia, Kemenag RI menerbitkan 3 program besar sebagaimana tertera dalam Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 897 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Rumah Moderasi Beragama, antara lain: 1). Pendidikan dan Pelatihan 2). Penelitian, Kajian dan Publikasi 3). Advokasi dan Pendampingan Masyarakat.

Muhammad Muslim berjanji, ke depan Kemenag Lumajang akan terus menggandeng Ketua Rumah Moderasi Beragama dalam melaksanakan setiap kegiatan, seperti pelatihan, kajian dan pendampingan masayarakat dalam menanamkan nilai-nilai Islam yang moderat, toleransi dan Islam yang _rahmatan lil ‘alamin.

“Ke depan kita akan terus bekerjasama dengan Rumah Moderasi Beragama STIS Miftahul Ulum Lumajang dalam setiap kegiatan penting, seperti pelatihan, kajian dan pendampingan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai Islam moderat, toleransi dan Islam rahmatan lil ‘alamin,” kata pria yang akrap dipanggil, Cak Muslim itu di Aula Kemenag Lumajang, Kamis 25 Mei 2022.

Menurut Cak Muslim, merupakan bentuk langkah konkrit yang akan segera dilaksakan oleh Kemenag Lumajang pada bulan Juni yang akan datang, adalah program bimbingan paham moderasi beragama di lingkungan sekolah tingkat SLTP-SLTA se-Kabupaten Lumajang. Dalam hal ini Kemenag Lumajang akan menunjuk Ketua Rumah Moderasi Beragama STIS Miftahul Ulum Lumajang sebagai salah satu Narasumber.

“Bulan depan kita akan melaksanakan Bimbingan di sekolah-sekolah tingkat SLTP-SLTA se-Lumajang. Nanti saya tunjuk ketua RMB STIS Miftahul Ulum Lumajang bersama yang lain sebagai narasumber di kegiatan itu,” beber Cak Muslim.

Sementara itu, Ketua Rumah Moderasi Beragama STIS Miftahul Ulum Lumajang Sahrul Hidayatullah M.H sangat mengapresiasi langkah Kemenang Lumajang ini, serta bersedia dan siap bekerjasama dalam merealisasikan program pemerintah terkait Moderasi Beragama. “Kami sangat mengapresiasi langkah Kemenang Lumajang ini, dan ke depan kami siap untuk terus melakukan kerjasama dalam merealisasikan program pemerintah terkait Moderasi Beragama.” Kata Sahrul.

Penulis: Sahrul
Editor: Robith
Publiser: Robith

Artikel Terkait

Artikel Terbaru