Diklat Keorganisasian Kampus Aplikasi Mata Kuliah Manajemen Mutu Terpadu

Lumajang- Sabtu, 01 juli 2024 STAI Miftahul Ulum Melaksanakan forum terbuka Diklat Keorganisasian Kampus sebagai tindak lanjut dari mata kuliah Manajemen Mutu Terpadu. Panitia penyelenggara acara tersebut ialah Mahasiswi Prodi Manajamen Pendidikan Islam diadakan di Laboratorium MA Putri Miftahul Ulum dengan tema “ Membentuk Cendekia Yang Kritis Inovatif dan Berjiwa Kepemimpinan”. Dalam acara ini dihadiri oleh Waka I Bapak Farhanuddin Sholeh, M.Pd.I sebagai pemateri dan Ibu Siti Aisyah, M.Pd.I sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah Manajemen Mutu Terpadu.

Acara ini dihadiri oleh 78 peserta mahasiswi dari berbagai program studi. Pada sambutan awal disampaikan oleh ketua panitia bahwasanya “Tujuan diadakan acara ini guna memberikan kecakapan dan keterampilan kepengurusan dalam setiap keorganisasian” ucap Langgeng Dwi Lestari.

Isi penyampaian materi oleh Farhanuddin Sholeh selaku pemateri, menegaskan bahwa “Pemimpin merupakan gaya untuk mempengarui karakteristik anggota dengan mendorong keberhasilan atau pencapaian tujuan, begitupula anggota harus mempunya rasa partisipasi yang tinggi melalui program yang diakomodirkan oleh pemimpi. Pemimpin membutuhkan anggota dan setiap pemimpin harus memiliki jiwa berkemimpinan agar mampu mengakomodinir setiap anggota lewat manajemen kepemimpinan, dengan demikian dapat mempermudah menjalankan organisasi dan juga mempengaruhi aktivitas anggota dan oraganisasi didalamnya”.

Hal ini sejalan dengan ucapan Ki Hajar Dewantara mengenai kepemimpinan terhadap pemaknaan yang berkaitan dengan kata  Kepemimpinan, Management, & Organisasi.

Ing Ngarso Sing Tuladha Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani

Artinya: Di depan jadi panutan di Tengah memberikan semangat.

Dengan adanya acara ini, semoga bisa membangun kemajuan organisasi kampus dan mencetak pemimpin yang religious, karismatik dan bertanggung jawab serta memberikan implementasi yang baik sesuai dengan tanggung jawab masing masing.

Reporter: Amalia Farah & Durrotur Rohimah Mahasiswi Prodi IAT IV

Editor: Nabila N.A

Artikel Terkait

Artikel Terbaru